MENGANALISA SISTEM BISNIS DENGAN SOSIAL MEDIA KHUSUS NYA WHATSAPP BISNIS DAN INSTAGRAM



NAMA KELOMPOK:

KEMAL BAGUS LAKSONO                13118617
RAMADHIKA GUMILANG                 15118882
SANDY RAHMAN                                16118517



DIAN GUSTINA, S.KOM., MMSI.
INOVASI SISTEM INFORMASI DAN NEW TECHNOLOGY


UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2019/2020

WHATSAPP BISNIS

          Whatsapp Bisnis diperkenalkan untuk pelaku Bisnis dan Brand. Untuk memudahkan pelaku bisnis tersebut untuk melakukan aktivitas nya untuk menghubungkan konsumen dan pelaku bisnis sendiri.
Berikut adalah cara menggunakan Whatsapp Bisnis:
Ø Mendaftar Akun WhatsApp Business
WhatsApp Business juga membutuhkan nomor ponsel yang aktif. Sebagai catatan, bahwa WhatsApp Business tidak bisa menggunakan nomor yang sudah pernah atau sedang digunakan di WhatsApp standar. Jadi, jika Anda ingin menggunakan nomor yang sama, Anda harus memilih salah satu, tetap berada di versi standar atau beralih menjadi versi bisnis.
·                  Langkah pertama, unduh dahulu aplikasi WhatsApp Business dari Play Store.
·                  Setelah terpasang, jalankan aplikasi seperti biasa dan tap Agree and Continueuntuk melanjutkan ke tahapan berikutnya. Saat muncul jendela popup, tap Continue dan tap Allow beberapa kali.


·                  Berikutnya, masukkan nomor ponsel yang ingin digunakan.
·                  Biasanya, sistem akan secara otomatis mengenali kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan singkat. Tetapi jika tetap diminta, silahkan buka pesan SMS yang dikirim, kemudian ketikkan kode verifikasi yang terdapat di dalam pesan tersebut.

·                  Tahap selanjutnya, isi nama bisnis Anda, pastikan terisi dengan benar karena nama ini tidak akan bisa diubah di kemudian hari. Dan selesai, akun WhatsApp Business Anda sudah berhasil dibuat, Anda sudah bisa langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen.
Ø Mengubah Profil Bisnis
Profil bisnis, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web bisa diubah dan ditambahkan dengan mengakses menu Settings – Business Settings.
·                  Seperti yang disinggung barusan, di pengaturan tersebut Anda bisa melengkapi data perusahaan seperti lokasi kantor atau toko, kategori, foto, deskripsi dan juga situs web. Jika semua data sudah terisi dengan benar, tap tombol Save di kanan atas untuk menyimpan perubahan.
Ø Melihat Statistik Pesan
Panel statistic telah disiapkan untuk menampung informasi ini, informasi tentang berapa banyak pesan yang Anda terima dan kirimkan kepada pelanggan. Caranya, masih di menu Settings, tap menu Statistic.
Messages sent artinya chat yang sudah terkirim ke orang lain.
Messages delivered artinya chat yang sudah diterima oleh orang lain.
Messages read artinya chat yang sudah dilihat oleh orang lain.
Messages received  artinya chat yang didapat oleh pengguna/admin.
Ø Membuat Away Message
Away Message biasanya digunakan untuk membantu pelaku bisnis tetap terhubung ke konsumen ketika mereka tidak sedang di tempat atau layanan sedang tutup. Fitur ini akan memberikan jawaban otomatis ketika seorang pelanggan mengirimkan pesan.
·                  Tap menu Settings – Business Settings – Away Message, kemudian beri tanda centang untuk mengaktifkan fitur ini, dan edit pesan default yang sudah ada, silahkan gunakan kalimat versi Anda. Setelah selesai, tap Save untuk menyimpan perubahan.
Ø Cara Membuat Greeting Message
Greeting Message juga membantu pengelola bisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi.
·                  Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Settings – Business Settings – Greeting Message.
·                  Posisikan tombol ke On, kemudian edit kata sambutan yang menurut Anda paling ramah dan membuat pelanggan merasa dihormati. Jangan lupa tap tombol Save untuk menyimpan perubahan.
Ø Cara Membuat Jawaban Cepat (Quick Replies)
Berikutnya, di WhatsApp Business Anda juga bisa membuat jawaban cepat yang dipicu dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu karena tidak harus mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal.
·                  Caranya, buka menu Settings – Business Settings – Quick Replies.
·                  Defaultnya ada satu quick replies yang sudah dibuat, yaitu /thanks yang berisi ucapan terima kasih. Anda bisa menambahkan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk permintaan maaf. Tap ikon plus di kanan bawah, kemudian ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan, dan juga shortcut pilihan Anda. Terakhir tap tombol Save. Selanjutnya, setiap kali Anda mengetikkan kata kunci /maaf, maka aplikasi akan secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf versi penuh yang sudah Anda ketikkan sebelumnya.
Ø Mengaktifkan Fitur Enkripsi
·                  Secara default, pesan dan panggilan di WhatsApp Business terlindungi oleh prosedur enkripsi end-to-end. Namun dengan satu langkah tambahan, Anda bisa mengetahui perubahan kode dari kontak yang menghubungi Anda.
Ø Mengaktifkan Keamanan Dua Langkah (Two-step Verification)
·                  WhatsApp Business juga menerapkan sistem keamanan dua langkah jika diinginkan. Caranya, buka menu Settings – Account – Two-step Verification.
·                  Selanjutnya, tap Enable kemudian masukkan 6 digit angka acak yang nantinya digunakan sebagai PIN verifikasi. Ulangi kode yang sama saat diminta.
·                  Tap Next dan kali ini masukkan alamat email juga sebanyak dua kali, dan selesai. Tap Done, lalu akan muncul panel baru di mana Anda bisa menon-aktifkan fitur ini mengganti PIN atau email.

Ø Cara Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp Business
Pesan broadcast merupakan salah satu media paling umum digunakan untuk menawarkan produk baru, harga promo, program paket dan lain sebagainya. Jadi, fitur ini semestinya dimaksimalkan untuk mendorong angka penjualan.
·                  Untuk membuat pesan broadcast, mudah sekali. Tap tombol menu utama, New Broadcast.
·                  Tandai kontak yang ingin dimasukkan ke daftar penerima pesan broadcast, kemudian tap ikon centang berwarna hijau.
·                  Selesai, kumpulan kontak penerima broadcast sudah dibuat, Anda tinggal mengirimkan isi penawaran ke mereka. Seluruh kontak yang dalam posisi online, akan menerima pesan yang sama.

Ø Cara Menghapus Akun WhatsApp Business
·                  Terakhir, dengan alasan tertentu Anda juga bisa menghapus akun WhatsApp Business. Caranya hampir sama dengan akun personal, buka menu Setting – Account – Delete my Account.
·                  Masukkan nomor ponsel yang Anda gunakan ketika mendaftar akun, lalu tap Delete my Account.
Secara umum, ada banyak sekali fitur yang mirip dengan versi personal, kecuali menu Business Settings. Jadi, seharusnya yang sudah terbiasa menggunakan WhatsApp tak akan menemukan banyak kesulitan.  
Di bagian terdepan, WhatsApp Business juga menampilkan tiga menu tab utama, yaitu Chat, Status dan Call. 





INSTAGRAM BISNIS
Instagram Bisnis diperuntukan untuk akun yang menjual barang barang online maupun usaha lain untuk mempromosikan produk yang dijual nya.
Berikut adalah cara menggunakan Intagram bisnis :
Ø Mendaftar Akun Instagram
Untuk menggunakan akun Instagram harus terlebih dahulu mendaftarkan akun, jika sudah mempunyai akun baru kita bisa masuk ke Instagram.
·        Unduh dari Playstore maupun Apps Store
·        Setelah terpasang kemudian jalankan Instagram, jika sudah mempunyai akun langsung saja masuk dengan akun tersebut.
Ø Mengubah ke Akun Bisnis
·        Klik Profile kemudian ke Pengaturan Lalu pilih Akun
·        Pilih Beralih ke Akun Profesional
·        Kemudian ada 2 opsi, pilih yg menurut kalian cocok misalkan disini Bisnis. Pilih Bisnis.
·        Akun sudah beralih ke Bisnis lalu Lanjutkan.
·        Kemudian hubungkan dengan halaman Facebook anda.
·        Isi Kontak yang menurut anda penting, jika tidak diisi juga tidak masalah, saya menyarankan untuk diisi untuk memudahkan konsumen menghubungi anda.
·        Akhirnya akun anda sudah bisa digunakan sebagai akun Bisnis.
Ø Fitur dan Tips n Trick yang ada di Instagram Bisnis

·        Manfaat Mengenali Insight Dalam Bisnis
Dalam berbisnis, data (insight) ibarat kompas yang bisa menentukan arah dan jalan bisnis kita. Dengan adanya data, kita bisa melakukan analisa, evaluasi, serta perencanaan yang lebih baik ke depannya. Instagram sudah menyediakan fitur ini secara cuma-cuma dan tentu akan disayangkan bila hanya sekedar dijadikan pajangan saja.
1.     Mengetahui Karakteristik Followers
Mengenali karakteristik followers adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahui karakteristik followers, kita bisa menentukan produk apa yang cocok untuk dijual, konten seperti apa yang disukai, dan bagaimana strategi pemasaran yang sesuai. Akan ada perbedaan perlakuan antara akun yang didominasi oleh perempuan, dan didominasi oleh laki-laki.
2.     Mengetahui Efektifitas Konten
Tidak semua konten disukai oleh followers. Adanya perbedaan karakteristik membuat tidak semua konten efektif. Tentunya, kita membutuhkan gambaran konten apa-apa saja yang disukai oleh followers. Instagram memberikan Insight yang cukup detail sehingga kita bisa mengambil kesimpulan terkait konten yang kita kelola. 
3.     Evaluasi Terhadap Strategi Instagram Marketing Yang Kita Gunakan
Secara keseluruhan, Insight Instagram tersebut sangat bermanfaat untuk melakukan evaluasi terhadap strategi yang kita gunakan. Sudah benarkah konten yang kita gunakan ? Tepatkan produk yang kita jual? Kapan waktu terbaik untuk posting ? Bahkan, kita bisa melakukan pengukuran mingguan ataupun bulanan sehingga akan terlihat perkembangan dari performa akun yang kita kelola. Sayang sekali bila informasi yang begitu berharga ini tidak kita maksimalkan.
·        Insight Instagram Yang Perlu Anda Ketahui
1.     Demografi Followers
Instagram menyediakan informasi tentang demografi followers. Dimulai dari persentase gender, usia, serta domisili. Data yang ditampilkan cukup lengkap sehingga banyak sekali hal menarik yang bisa kita simpulkan. Ditambah juga dengan waktu aktif followers sehingga kita bisa menentukan kapan waktu posting yang baik.

2.     Performa Akun
Selain demografi, Instagram juga menampilkan performa akun selama seminggu terakhir. Ada total impression, total konten, pertumbuhan followers, reach, profile views, dan ada juga website click. Berikut saya coba jabarkan apa saja istilah yang saya sebutkan di atas.
Impressions adalah jumlah dari keseluruhan orang yang pernah melihat konten yang kita tampilkan. Jumlahnya bisa saja ganda bila seserang melihat berkali-kali di konten yang sama.
Reach adalah jumlah dari keseluruhan pengguna yang melihat konten yang kita tampilkan, hanya saja jumlahnya unik. Setiap yang melihat konten, hanya dihitung 1 pengunjung sehingga nilainya akan lebih kecil daripada impression.
Profile views adalah jumlah dari orang-orang yang mampir ke Instagram kita dan melihat akun secara keseluruhan, bukan hanya melihat konten saja.
Website clicks adalah jumlah klik dari link website yang kita pasang pada halaman profil.

3.     Efektivitas Konten
Instagram juga memberikan kita laporan yang sangat menarik tentang efektivitas konten sehingga sangat membantu kita dalam proses optimasi. Kita bisa mendapatkan data yang sangat detail hingga aktivitas seperti likes, comment, saved. Bisa juga dibagi antara foto, video, dan carousel post. Rentang waktu data yang ditampilkan pun mencapai 2 tahu  terakhir.
Bila melihat ke halaman profil, anda akan menemukan Insight di setiap postingan sehingga anda akan tahu bagaimana kualitas dari konten yang digunakan. Bagian ini sangatlah menarik karena ada banyak sekali analisa yang bisa dilakukan. Ada total dari likes, comments, saved, impressions, reach, dan engagement. Berikut penjelasan dari analisa di atas :
Untuk likes, comments, impressions, dan reach sudah saya jelaskan sebelumnya ya
Saved : merupakan jumlah dari pengguna yang menyimpan konten dari akun kita ke halaman pribadi mereka
Engagements merupakan jumlah dari pengguna yang menyukai, memberi komentar, dan menyimpan konten tersebut. Bisa disebut juga bahwa engagement merupakan jumlah dari pengguna yang tertarik dengan konten yang kita tampilkan.
Selain itu, kita juga diberikan data tentang Instastory yang digunakan sehingga keseluruhan konten Instagram memiliki report performa yang sangat detail. Tidak hanya reachinstastory insight juga menawarkan pilihan untuk melihat data dengan beberapa pilihan yang sangat detail.
Selain menggunakan fitur yang disediakan oleh Instagram, ada beberapa aplikasi lain yang juga bisa kita gunakan untuk memperoleh Insight. Diantaranya adalah socialbakers, simple measured, hootsuite, dll. Bedanya, sebagian besar aplikasi berbayar. Tentu ada fitur-fitur lain yang bisa digunakan yang tidak disediakan oleh pihak Instagram.
Masih perlukan tools tambahan untuk mengelola insight Instagram ini ? 
Dulu, ada banyak sekali tools yang bisa membantu kita dalam mengetahui insight ini. Hal ini dikarenakan masih terbatasnya insight yang bisa ditampilkan oleh instagram. Sekarang ? Hal ini sudah jauh berubah.
Mark Zuckerberg sepertinya memberikan peluang sebesar mungkin kepada pengguna Instagram untuk mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi dalam pengelolaan sebuah akun sehingga kita bisa mengembangkan akun kita semaksimal mungkin. Entah itu dari konten yang paling disukai, konten yang paling banyak mendapatkan komentar, hingga konten yang paling banyak dikirim ke pengguna lain pun datanya tersedia.
Saran saya, gunakanlah fitur yang sudah disediakan ini semaksimal mungkin sehingga perlahan anda akan menemukan bagaimana cara pengelolaan terbaik untuk akun anda. Bila anda memang kesulitan dalam memahaminya, barulah gunakan tools tambahan seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Good luck!
Penutup
Sebagai seorang pebisnis, anda harus mulai belajar untuk membaca dan memanfaatkan insight Instagram ini. Instagram menyediakan Insight yang cukup detail dan bahkan tidak kita temukan di media sosial serupa. Biasakanlah untuk membuat keputusan berdasarkan data yang ada, tidak hanya mengandalkan insting. Perlahan, anda akan merasakan perubahan positif dalam bisnis anda.






Kesimpulan :
Menurut pengamatan jumlah pengguna Instagram bisnis lebih banyak di bandingkan dengan whatsapp bisnis, karena lebih user friendly dan menampilkan visual yang menarik di mata konsumen.
Fitur yang ada di Instagram sangat berguna untuk keperluan Bisnis dibandingkan Whatsapp.
Instagram bisnis dapat menarik konsumen untuk membeli atau memberikan daya tarik tersendiri melalui visual. Kemudian ketika konsumen sudah tertarik bisa melakukan order produk melalui Whatsapp bisnis tersebut. Keduanya saling berkaitan satu sama lain.


Sumber :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Urbanisasi, Manfaat, Dampak, Contoh Kasus Urbanisasi

SOFTWRE REQUIREMENT SPECIFICATION | PERANCANGAN WEBSITE WARUNG KELONTONG POPON

SOFTWRE REQUIREMENT SPECIFICATION | PERANCANGAN WEBSITE WARUNG KELONTONG POPON