MENGANALISA SISTEM BISNIS DENGAN SOSIAL MEDIA KHUSUS NYA WHATSAPP BISNIS DAN INSTAGRAM
NAMA
KELOMPOK:
KEMAL BAGUS
LAKSONO
13118617
RAMADHIKA GUMILANG 15118882
SANDY RAHMAN 16118517
RAMADHIKA GUMILANG 15118882
SANDY RAHMAN 16118517
DIAN
GUSTINA, S.KOM., MMSI.
INOVASI
SISTEM INFORMASI DAN NEW TECHNOLOGY
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PTA 2019/2020
PTA 2019/2020
WHATSAPP BISNIS
Whatsapp Bisnis diperkenalkan untuk pelaku Bisnis dan Brand. Untuk memudahkan
pelaku bisnis tersebut untuk melakukan aktivitas nya untuk menghubungkan
konsumen dan pelaku bisnis sendiri.
Berikut
adalah cara menggunakan Whatsapp Bisnis:
Ø Mendaftar Akun
WhatsApp Business
WhatsApp Business juga membutuhkan nomor ponsel yang aktif. Sebagai
catatan, bahwa WhatsApp Business tidak bisa menggunakan nomor yang sudah pernah
atau sedang digunakan di WhatsApp standar. Jadi, jika Anda ingin menggunakan
nomor yang sama, Anda harus memilih salah satu, tetap berada di versi standar
atau beralih menjadi versi bisnis.
·
Langkah pertama, unduh dahulu aplikasi WhatsApp Business
dari Play Store.
·
Setelah terpasang, jalankan aplikasi seperti biasa
dan tap Agree and Continueuntuk melanjutkan ke tahapan
berikutnya. Saat muncul jendela popup, tap Continue dan tap Allow beberapa
kali.
·
Berikutnya, masukkan nomor ponsel yang ingin digunakan.
·
Biasanya, sistem akan secara otomatis mengenali kode
verifikasi yang dikirimkan melalui pesan singkat. Tetapi jika tetap diminta,
silahkan buka pesan SMS yang dikirim, kemudian ketikkan kode verifikasi yang
terdapat di dalam pesan tersebut.
·
Tahap selanjutnya, isi nama bisnis Anda, pastikan terisi
dengan benar karena nama ini tidak akan bisa diubah di kemudian hari. Dan
selesai, akun WhatsApp Business Anda sudah berhasil dibuat, Anda sudah bisa
langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen.
Ø Mengubah Profil
Bisnis
Profil bisnis,
seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web bisa diubah dan
ditambahkan dengan mengakses menu Settings – Business Settings.
·
Seperti yang disinggung barusan, di pengaturan tersebut
Anda bisa melengkapi data perusahaan seperti lokasi kantor atau toko, kategori,
foto, deskripsi dan juga situs web. Jika semua data sudah
terisi dengan benar, tap tombol Save di kanan atas untuk
menyimpan perubahan.
Ø Melihat
Statistik Pesan
Panel statistic telah
disiapkan untuk menampung informasi ini, informasi tentang berapa banyak pesan
yang Anda terima dan kirimkan kepada pelanggan. Caranya, masih di menu Settings, tap menu Statistic.
Messages sent artinya chat yang sudah terkirim ke orang
lain.
Messages delivered artinya chat yang sudah diterima oleh orang lain.
Messages read artinya chat yang sudah dilihat oleh orang lain.
Messages received artinya chat yang didapat oleh pengguna/admin.
Messages delivered artinya chat yang sudah diterima oleh orang lain.
Messages read artinya chat yang sudah dilihat oleh orang lain.
Messages received artinya chat yang didapat oleh pengguna/admin.
Ø Membuat Away
Message
Away Message biasanya digunakan untuk membantu pelaku bisnis tetap
terhubung ke konsumen ketika mereka tidak sedang di tempat atau layanan sedang
tutup. Fitur ini akan memberikan jawaban otomatis ketika seorang pelanggan
mengirimkan pesan.
·
Tap menu Settings – Business Settings – Away
Message, kemudian beri tanda centang untuk mengaktifkan fitur ini, dan edit
pesan default yang sudah ada, silahkan gunakan kalimat versi Anda. Setelah
selesai, tap Save untuk menyimpan perubahan.
Ø Cara Membuat
Greeting Message
Greeting Message juga membantu pengelola bisnis untuk menjalin
komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan terkirim secara
otomatis ke pelanggan yang menghubungi Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi.
·
Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Settings
– Business Settings – Greeting Message.
·
Posisikan tombol ke On, kemudian edit kata sambutan yang
menurut Anda paling ramah dan membuat pelanggan merasa dihormati. Jangan lupa
tap tombol Save untuk menyimpan perubahan.
Ø Cara Membuat
Jawaban Cepat (Quick Replies)
Berikutnya, di WhatsApp Business Anda juga bisa membuat jawaban cepat yang
dipicu dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu
karena tidak harus mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal.
·
Caranya, buka menu Settings – Business Settings –
Quick Replies.
·
Defaultnya ada satu quick replies yang
sudah dibuat, yaitu /thanks yang berisi ucapan terima kasih. Anda bisa
menambahkan quick replies lain, kita contohkan quick replies
untuk permintaan maaf. Tap ikon plus di kanan bawah, kemudian
ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan, dan juga shortcut pilihan
Anda. Terakhir tap tombol Save. Selanjutnya,
setiap kali Anda mengetikkan kata kunci /maaf, maka aplikasi akan
secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf versi penuh yang sudah Anda
ketikkan sebelumnya.
Ø Mengaktifkan
Fitur Enkripsi
·
Secara default, pesan dan panggilan di
WhatsApp Business terlindungi oleh prosedur enkripsi end-to-end.
Namun dengan satu langkah tambahan, Anda bisa mengetahui perubahan kode dari
kontak yang menghubungi Anda.
Ø Mengaktifkan
Keamanan Dua Langkah (Two-step Verification)
·
WhatsApp Business juga menerapkan sistem keamanan dua
langkah jika diinginkan. Caranya, buka menu Settings – Account –
Two-step Verification.
·
Selanjutnya, tap Enable kemudian
masukkan 6 digit angka acak yang nantinya digunakan sebagai PIN verifikasi.
Ulangi kode yang sama saat diminta.
·
Tap Next dan kali ini masukkan alamat email juga
sebanyak dua kali, dan selesai. Tap Done, lalu
akan muncul panel baru di mana Anda bisa menon-aktifkan fitur ini mengganti PIN
atau email.
Ø Cara Membuat
Pesan Broadcast di WhatsApp Business
Pesan broadcast merupakan
salah satu media paling umum digunakan untuk menawarkan produk baru, harga
promo, program paket dan lain sebagainya. Jadi, fitur ini semestinya
dimaksimalkan untuk mendorong angka penjualan.
·
Untuk membuat pesan broadcast, mudah
sekali. Tap tombol menu utama, New Broadcast.
·
Tandai kontak yang ingin dimasukkan ke daftar penerima
pesan broadcast, kemudian tap ikon centang
berwarna hijau.
·
Selesai, kumpulan kontak penerima broadcast sudah
dibuat, Anda tinggal mengirimkan isi penawaran ke mereka. Seluruh kontak yang
dalam posisi online, akan menerima pesan yang sama.
Ø Cara Menghapus
Akun WhatsApp Business
·
Terakhir, dengan alasan tertentu Anda juga bisa menghapus
akun WhatsApp Business. Caranya hampir sama dengan akun personal, buka
menu Setting – Account – Delete my Account.
·
Masukkan nomor ponsel yang Anda gunakan ketika mendaftar
akun, lalu tap Delete my Account.
Secara umum, ada banyak sekali fitur
yang mirip dengan versi personal, kecuali menu Business Settings. Jadi,
seharusnya yang sudah terbiasa menggunakan WhatsApp tak akan menemukan banyak
kesulitan.
Di bagian terdepan, WhatsApp Business
juga menampilkan tiga menu tab utama, yaitu Chat,
Status dan Call.
INSTAGRAM BISNIS
Instagram Bisnis diperuntukan untuk akun yang menjual barang
barang online maupun usaha lain untuk mempromosikan produk yang dijual nya.
Berikut
adalah cara menggunakan Intagram bisnis :
Ø Mendaftar Akun Instagram
Untuk
menggunakan akun Instagram harus terlebih dahulu mendaftarkan akun, jika sudah
mempunyai akun baru kita bisa masuk ke Instagram.
· Unduh dari Playstore maupun Apps Store
· Setelah terpasang kemudian jalankan Instagram, jika sudah
mempunyai akun langsung saja masuk dengan akun tersebut.
Ø Mengubah ke Akun Bisnis
· Klik Profile kemudian ke Pengaturan Lalu
pilih Akun
· Pilih Beralih ke Akun Profesional
· Kemudian ada 2 opsi, pilih yg menurut kalian cocok misalkan
disini Bisnis. Pilih Bisnis.
· Akun sudah beralih ke Bisnis lalu Lanjutkan.
· Kemudian hubungkan dengan halaman Facebook anda.
· Isi Kontak yang menurut anda penting, jika tidak diisi juga
tidak masalah, saya menyarankan untuk diisi untuk memudahkan konsumen
menghubungi anda.
· Akhirnya akun anda sudah bisa digunakan sebagai akun Bisnis.
Ø Fitur dan Tips n Trick yang ada di Instagram Bisnis
· Manfaat Mengenali Insight Dalam Bisnis
Dalam berbisnis, data (insight) ibarat kompas yang bisa menentukan arah dan
jalan bisnis kita. Dengan adanya data, kita bisa melakukan analisa, evaluasi, serta
perencanaan yang lebih baik ke depannya. Instagram sudah menyediakan fitur ini
secara cuma-cuma dan tentu akan disayangkan bila hanya sekedar dijadikan
pajangan saja.
1. Mengetahui Karakteristik Followers
Mengenali karakteristik followers adalah hal yang sangat penting. Dengan
mengetahui karakteristik followers, kita bisa menentukan produk apa yang cocok
untuk dijual, konten seperti apa yang disukai, dan bagaimana strategi pemasaran
yang sesuai. Akan ada perbedaan perlakuan antara akun yang didominasi oleh
perempuan, dan didominasi oleh laki-laki.
2. Mengetahui Efektifitas Konten
Tidak semua konten disukai oleh followers. Adanya perbedaan karakteristik
membuat tidak semua konten efektif. Tentunya, kita membutuhkan gambaran konten
apa-apa saja yang disukai oleh followers. Instagram memberikan Insight yang
cukup detail sehingga kita bisa mengambil kesimpulan terkait konten yang kita
kelola.
3. Evaluasi Terhadap Strategi Instagram
Marketing Yang Kita Gunakan
Secara keseluruhan, Insight Instagram tersebut sangat bermanfaat untuk
melakukan evaluasi terhadap strategi yang kita gunakan. Sudah benarkah konten
yang kita gunakan ? Tepatkan produk yang kita jual? Kapan waktu terbaik untuk
posting ? Bahkan, kita bisa melakukan pengukuran mingguan ataupun bulanan
sehingga akan terlihat perkembangan dari performa akun yang kita kelola. Sayang
sekali bila informasi yang begitu berharga ini tidak kita maksimalkan.
· Insight Instagram Yang Perlu Anda
Ketahui
1. Demografi Followers
Instagram menyediakan informasi tentang demografi followers. Dimulai dari
persentase gender, usia, serta domisili. Data yang ditampilkan cukup lengkap
sehingga banyak sekali hal menarik yang bisa kita simpulkan. Ditambah juga
dengan waktu aktif followers sehingga kita bisa menentukan kapan waktu posting
yang baik.
2. Performa Akun
Selain demografi, Instagram juga menampilkan performa akun selama seminggu
terakhir. Ada total impression, total konten, pertumbuhan
followers, reach, profile views, dan ada juga website click. Berikut saya coba
jabarkan apa saja istilah yang saya sebutkan di atas.
Impressions adalah jumlah dari keseluruhan
orang yang pernah melihat konten yang kita tampilkan. Jumlahnya bisa saja ganda
bila seserang melihat berkali-kali di konten yang sama.
Reach adalah jumlah dari keseluruhan
pengguna yang melihat konten yang kita tampilkan, hanya saja jumlahnya unik.
Setiap yang melihat konten, hanya dihitung 1 pengunjung sehingga nilainya akan
lebih kecil daripada impression.
Profile views adalah jumlah dari orang-orang
yang mampir ke Instagram kita dan melihat akun secara keseluruhan, bukan hanya
melihat konten saja.
Website clicks adalah jumlah klik dari link
website yang kita pasang pada halaman profil.
3. Efektivitas Konten
Instagram juga memberikan kita laporan yang sangat menarik tentang
efektivitas konten sehingga sangat membantu kita dalam proses optimasi. Kita
bisa mendapatkan data yang sangat detail hingga aktivitas seperti likes,
comment, saved. Bisa juga dibagi antara foto, video, dan carousel post. Rentang
waktu data yang ditampilkan pun mencapai 2 tahu terakhir.
Bila melihat ke
halaman profil, anda akan menemukan Insight di setiap postingan sehingga anda
akan tahu bagaimana kualitas dari konten yang digunakan. Bagian ini sangatlah
menarik karena ada banyak sekali analisa yang bisa dilakukan. Ada total dari
likes, comments, saved, impressions, reach, dan engagement. Berikut penjelasan
dari analisa di atas :
Untuk likes,
comments, impressions, dan reach sudah saya jelaskan sebelumnya ya
Saved : merupakan jumlah dari pengguna
yang menyimpan konten dari akun kita ke halaman pribadi mereka
Engagements merupakan jumlah dari pengguna
yang menyukai, memberi komentar, dan menyimpan konten tersebut. Bisa disebut
juga bahwa engagement merupakan jumlah dari pengguna yang tertarik dengan
konten yang kita tampilkan.
Selain itu,
kita juga diberikan data tentang Instastory yang digunakan sehingga keseluruhan
konten Instagram memiliki report performa yang sangat detail. Tidak hanya reach, instastory
insight juga menawarkan pilihan untuk melihat data dengan beberapa
pilihan yang sangat detail.
Selain
menggunakan fitur yang disediakan oleh Instagram, ada beberapa aplikasi lain
yang juga bisa kita gunakan untuk memperoleh Insight. Diantaranya adalah socialbakers,
simple measured, hootsuite, dll. Bedanya, sebagian besar aplikasi berbayar.
Tentu ada fitur-fitur lain yang bisa digunakan yang tidak disediakan oleh pihak
Instagram.
Masih perlukan
tools tambahan untuk mengelola insight Instagram ini ?
Dulu, ada
banyak sekali tools yang bisa membantu kita dalam mengetahui insight ini. Hal
ini dikarenakan masih terbatasnya insight yang bisa ditampilkan oleh instagram.
Sekarang ? Hal ini sudah jauh berubah.
Mark Zuckerberg
sepertinya memberikan peluang sebesar mungkin kepada pengguna Instagram untuk
mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi dalam pengelolaan sebuah akun sehingga
kita bisa mengembangkan akun kita semaksimal mungkin. Entah itu dari konten
yang paling disukai, konten yang paling banyak mendapatkan komentar, hingga
konten yang paling banyak dikirim ke pengguna lain pun datanya tersedia.
Saran saya,
gunakanlah fitur yang sudah disediakan ini semaksimal mungkin sehingga perlahan
anda akan menemukan bagaimana cara pengelolaan terbaik untuk akun anda. Bila
anda memang kesulitan dalam memahaminya, barulah gunakan tools tambahan
seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Good luck!
Penutup
Sebagai seorang
pebisnis, anda harus mulai belajar untuk membaca dan memanfaatkan insight
Instagram ini. Instagram menyediakan Insight yang cukup detail dan bahkan tidak
kita temukan di media sosial serupa. Biasakanlah untuk membuat keputusan
berdasarkan data yang ada, tidak hanya mengandalkan insting. Perlahan, anda
akan merasakan perubahan positif dalam bisnis anda.
Kesimpulan
:
Menurut
pengamatan jumlah pengguna Instagram bisnis lebih banyak di bandingkan dengan
whatsapp bisnis, karena lebih user friendly dan menampilkan visual yang menarik
di mata konsumen.
Fitur
yang ada di Instagram sangat berguna untuk keperluan Bisnis dibandingkan
Whatsapp.
Instagram
bisnis dapat menarik konsumen untuk membeli atau memberikan daya tarik
tersendiri melalui visual. Kemudian ketika konsumen sudah tertarik bisa
melakukan order produk melalui Whatsapp bisnis tersebut. Keduanya saling
berkaitan satu sama lain.
Sumber
:
https://yuvalianda.com/memahami-insight-instagram-agar-lebih-bermanfaat/
https://dailysocial.id/post/10-tips-dan-trik-menggunakan-whatsapp-business/
google.com
https://dailysocial.id/post/10-tips-dan-trik-menggunakan-whatsapp-business/
google.com
Komentar
Posting Komentar